NASI PECEL TUMPANG

MASKOT KULINER KHAS KOTA KEDIRI: NASI PECEL TUMPANG

 

Setiap daerah tentunya memiliki makanan khas daerahnya masing-masing. Di Indonesia, banyak sekali makanan yang menjadi ciri khas suatu daerah. Misalnya di Kediri Jawa Timur ini terdapat kuliner yang populer, dan juga bisa dibilang menjadi maskot kuliner kota Kediri yaitu, nasi pecel tumpang. Kuliner satu ini bisa dinikmati di sepanjang jalan dhoho kota Kediri. Sebagian besar penjual pecel tumpang menjajakan dagangannya dengan cara lesehan. Penjual nasi pecel tumpang menghiasi sepanjang trotoar Jalan Dhoho, Kota Kediri pada malam hari. Kuliner pecel tumpang ini bisa dijumpai setelah maghrib. Tidak hanya nasi pecel tumpang saja yang dijual, tetapi ada pula nasi pecel tanpa tumpang. Nasi pecel tanpa tumpang bisa dipesan untuk pembeli yang tidak menyukai tumpang.

Nasi pecel tumpang ini berbahan dasar “tempe busuk”. Tetapi jangan khawatir. Yang dimaksud dengan “tempe busuk” itu bukan tempe yang benar-benar busuk. Melainkan tempe yang over-fermented alias difermentasi lebih lama. Pada tempe yang difermentasi lebih lama akan terjadi degradasi protein lebih lanjut sehingga membentuk senyawa amonia. Itulah yang menyebabkan tempe “busuk” nampak busuk. Namun, aromanya dapat membangkitkan selera makan. Selain aroma, rasanya pun juga sangat nikmat. Sehingga penikmatnya juga sangat banyak.

Nasi pecel tumpang ini berisi sayur – sayuran yang sudah di rebus, misalnya pepaya muda, daun kenikir atau daun ketela pohon, kacang panjang, dan kecambah. Beberapa jenis lauk yang dijajakan sebagai tambahan untuk menyantap pecel tumpang maupun tanpa tumpang adalah sate usus, sate telur, telur dadar, paru goreng dan lainnya. Harga pecel tumpang di Jalan Dhoho relatif sangat terjangkau, yakni hanya Rp6.000 per porsi. Jika ditambah dengan lauk, pembeli akan dikenakan tambahan sesuai lauk yang diambil. Sebagai pelengkap nasi pecel tumpang, jangan lupa tambahkan peyek agar nasi pecel tumpang lebih nikmat.

Namun, penjual nasi pecel tumpang tidak hanya berada disepanjang jalan dhoho saja. Banyak penjual nasi pecel tumpang lainnya yang tidak kalah nikmatnya. Karena, nasi pecel tumpang yang berada di jalan dhoho hanya dapat dinikmati untuk makan malam saja. Oleh karena itu, bagi yang ingin sarapan pagi dengan nasi pecel tumpang, di setiap pinggir jalan kota Kediri manapun pasti terdapat penjual nasi pecel tumpang yang tidak kalah nikmatnya dengan nasi pecel tumpang yang berada di sepanjang jalan dhoho.

Semakin tertarik mencoba nasi pecel tumpang khas Kediri? Mari ke Kediri yuk! Karena nasi pecel tumpang yang nikmat hanya terdapat di kota Kediri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
MITRA JOIN